Aplikasi UangBeritaFinance

Butuh Cepat Modal Usaha? Pinjam di MauCash Aja! 

8811
×

Butuh Cepat Modal Usaha? Pinjam di MauCash Aja! 

Sebarkan artikel ini

Platform pinjaman online dan paylater yang dimiliki oleh PT Astra Welab Digital Arta (AWDA) kali ini menjadi fokus ulasan kita. AWDA adalah perusahaan ventura bersama antara PT Sedaya Multi Investama, anak perusahaan PT Astra International Tbk, dan WeLab, perusahaan P2P lending dari Hong Kong.

Didirikan pada April 2018, perusahaan ini telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-84/D.05/2019 pada tanggal 30 September 2019, menjadikannya legal untuk beroperasi di Indonesia.

Maucash unggul dalam memanfaatkan big data dan machine learning untuk memberikan penilaian kredit dan persetujuan pinjaman dengan cepat. Ini memberinya keunggulan kompetitif dibandingkan dengan layanan serupa.

Sejak berdiri, Maucash telah memberikan dana pinjaman lebih dari Rp27 miliar kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, dengan lebih dari 5.379 nasabah aktif.

Platform ini cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari modal usaha, biaya pendidikan, liburan, hingga kebutuhan konsumtif lainnya.

Keunggulan lainnya termasuk proses pengajuan yang cepat, persyaratan yang mudah dipenuhi, dan pencairan dana yang cepat. Dengan demikian, Maucash menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang membutuhkan pinjaman dengan proses yang efisien dan mudah.

Syarat Meminjam di MauCash

Untuk memenuhi syarat pengajuan pinjaman di Maucash, dibutuhkan pemenuhan beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Pertama, calon peminjam harus memiliki status sebagai Warga Negara Indonesia dan berdomisili di wilayah layanan Maucash.

Selanjutnya, pemohon harus dapat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang sah sebagai bukti identitas resmi mereka. Usia pemohon juga menjadi pertimbangan penting, dimana rentang usia yang diterima adalah antara 18 hingga 65 tahun, sambil tetap memastikan bahwa mereka memiliki pendapatan yang dapat diverifikasi.

Selain itu, untuk memperkuat keabsahan pengajuan, pemohon juga diwajibkan menggunakan smartphone berbasis Android dan memiliki nomor telepon yang aktif yang dapat dihubungi selama proses pendaftaran. Selain itu, keberadaan alamat email pribadi menjadi penting sebagai sarana komunikasi dan verifikasi.

Dalam memasuki tahap pengajuan, penting bagi pemohon untuk memastikan keakuratan data yang dimasukkan ke dalam aplikasi serta memastikan bahwa dokumen yang diunggah memenuhi standar validitas dan kelengkapan yang telah ditetapkan.

Salah satu dokumen kunci yang harus dipersiapkan dengan baik adalah foto E-KTP yang jelas dan tidak kabur, yang akan digunakan untuk verifikasi identitas. Dengan memenuhi semua persyaratan ini, calon peminjam dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dari Maucash dengan lancar.

Persyaratan Dokumen

Dalam mengajukan kredit, pemohon perlu mempersiapkan dokumen yang sesuai dengan status pekerjaannya. Bagi karyawan, dokumen yang perlu disertakan meliputi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), slip gaji terbaru, atau kartu asuransi yang mencantumkan nama perusahaan.

Selain itu, pemohon juga dapat melampirkan rekaman rekening bank selama 3 bulan terakhir untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang kestabilan keuangan mereka.

Sementara itu, bagi para wiraswasta atau pengusaha, persyaratan dokumen menjadi sedikit berbeda. Mereka perlu menyertakan bukti potong pajak 1721-A1, Surat Pemberitahuan (SPT), rekaman rekening bank selama 3 bulan terakhir, nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dokumen ini membantu memverifikasi status pajak dan kestabilan keuangan usaha.

Meskipun persyaratan dokumen yang telah disebutkan cenderung memadai untuk pengajuan kredit, dalam beberapa situasi tertentu, mungkin diperlukan dokumen tambahan. Contoh dokumen tambahan tersebut bisa berupa slip gaji terbaru bagi karyawan, SIUP bagi pengusaha, atau rekaman arus kas selama 3 bulan terakhir untuk memberikan gambaran lebih komprehensif tentang keuangan pemohon.

Dengan memastikan semua dokumen yang diperlukan disiapkan dengan baik, pemohon dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan persetujuan kredit dari Maucash.

Cara Pinjam Di MauCash

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengajukan pinjaman dana tunai melalui aplikasi Maucash:

  1. Unduh Aplikasi Maucash: Mulailah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Maucash dari Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS) di smartphone Anda.
  1. Buka Aplikasi dan Tentukan Nominal Pinjaman: Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Maucash. Di halaman depan, Anda akan melihat nominal limit pinjaman yang dapat diajukan. Klik tombol “Ajukan Limit” dan lalu klik “Mulai”.
  1. Verifikasi Nomor HP: Masukkan nomor HP Anda untuk menerima kode OTP. Setelah menerima kode, masukkan kode tersebut di aplikasi Maucash dan klik “Lanjut”.
  1. Setujui Syarat dan Ketentuan: Baca dengan seksama syarat dan ketentuan Maucash, lalu klik “Lanjut” untuk menyetujui.
  1. Ambil Foto KTP: Aplikasi Maucash akan meminta Anda untuk mengambil foto kartu identitas (KTP). Klik tombol “Mulai Foto KTP” dan ambil foto KTP menggunakan kamera belakang yang terhubung dengan aplikasi.
  1. Isi Data Diri dan Pekerjaan: Lengkapi data diri dengan benar, mulai dari nama, nomor kontak, alamat rumah, status pernikahan, hingga alasan mengajukan pinjaman. Pastikan data yang diinput sesuai dengan yang tertera pada KTP.
  1. Isi Data Pekerjaan: Isi data pekerjaan dengan lengkap dan jujur, termasuk nama dan alamat kantor, jumlah gaji, lamanya bekerja, dan tanggal gajian.
  1. Isi Data Kontak Darurat: Masukkan data kontak darurat, seperti pasangan, orangtua, atau saudara kandung, untuk keperluan darurat.
  1. Verifikasi Wajah: Lakukan verifikasi wajah dengan mengambil foto selfie. Pastikan foto selfie jelas dan sesuai dengan panduan.
  1. Konfirmasi Pengajuan: Setelah semua data terisi dan verifikasi selesai, klik “Kirim” untuk mengajukan pinjaman. Tunggu konfirmasi dari Maucash terkait status pengajuan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengajukan pinjaman dana tunai dengan cepat dan mudah melalui aplikasi Maucash. Pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang telah Anda isi sebelum mengirimkan pengajuan agar prosesnya berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa aspek positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi Pinjaman Online Maucash:

Keunggulan Maucash:

  1. Proses Pengajuan Online: Maucash menyediakan layanan pengajuan pinjaman secara online, memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja asalkan terhubung dengan internet.
  1. Antarmuka Pengguna yang Ramah: Aplikasi dan situs web Maucash dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan dan lengkap, sehingga memudahkan pengguna untuk navigasi dan mengajukan pinjaman dengan cepat.
  1. Opsi Penghapusan Data Permohonan: Terdapat fitur untuk menghapus data permohonan, memberikan fleksibilitas kepada calon debitur dalam mengelola informasi pribadi mereka.
  1. Pencairan Dana Cepat: Setelah pengajuan disetujui, Maucash memungkinkan pencairan dana secara cepat, dalam hitungan menit, sehingga Anda dapat memperoleh dana yang dibutuhkan dengan cepat.
  1. Fleksibilitas Jumlah dan Tenor Pinjaman: Anda dapat menyesuaikan jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.
  1. Tersedia untuk Berbagai Profesi: Layanan Maucash tidak hanya terbatas pada karyawan, tetapi juga terbuka bagi wiraswasta dan freelancer, memberikan akses yang lebih luas ke layanan keuangan.
  1. Keamanan Data Terjamin: Data pribadi nasabah dijamin keamanan dan kerahasiaannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Anda dapat merasa aman dalam mengajukan pinjaman.

Keterbatasan Maucash:

  1. Plafon dan Tenor yang Terbatas: Plafon dan tenor kredit yang ditawarkan oleh Maucash masih terbatas, mungkin tidak memenuhi kebutuhan pinjaman yang lebih besar atau jangka waktu yang lebih panjang.
  1. Cakupan Layanan yang Terbatas: Maucash belum menyediakan layanan kredit di daerah terpencil atau terluar di Indonesia, seperti Papua atau Nusa Tenggara Timur, sehingga akses ke layanan ini mungkin terbatas bagi sebagian orang.

Dengan mempertimbangkan baik keunggulan maupun keterbatasan Maucash, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengajukan pinjaman dana melalui platform ini.

Simulasi Pinjaman Di MauCash

Misalnya, jika seseorang memilih pinjaman Maucash dengan tenor kredit selama 12 bulan dan plafon pinjaman sebesar Rp 10 juta dengan bunga sebesar 0,4% per hari, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  1. Beban bunga harian: 10.000.000 * 0,4% = Rp 40.000
  1. Beban bunga bulanan: 10.000.000 * 0,4% * 30 = Rp 1.200.000
  1. Jumlah total pembayaran bulanan: 10.000.000 / 12 + 1.200.000 = Rp 1.333.333,33

Dengan demikian, setiap bulan pengguna harus membayar sebesar Rp 1.333.333,33 selama 12 bulan untuk melunasi pinjaman tersebut.

Namun, sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku serta jangan lupa untuk membandingkan berbagai pilihan pinjaman untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.