BeritaFinancePerbankanPinjaman Online

Kredit BCA untuk UMKM Syarat Mudah Bunga Ringan

602
×

Kredit BCA untuk UMKM Syarat Mudah Bunga Ringan

Sebarkan artikel ini

Kredit BCA adalah salah satu produk pinjaman yang ditawarkan oleh Bank Central Asia (BCA) kepada nasabahnya. Kredit BCA memiliki berbagai jenis dan tujuan, seperti kredit konsumsi, kredit investasi, kredit modal kerja, kredit multiguna, dan lain-lain. Namun sebelum mengajukan kredit BCA, ada baiknya Kamu melakukan simulasi kredit BCA  terlebih dahulu. 

Simulasi kredit BCA adalah perhitungan estimasi biaya dan angsuran yang harus Kamu bayar jika Kamu mengambil kredit dengan jumlah, tenor, dan bunga tertentu. Simulasi kredit dapat membantu Kamu mengetahui kemampuan dan kelayakan Kamu untuk mengambil kredit, serta membandingkan berbagai pilihan kredit yang tersedia.

Persiapan Simulasi Kredit BCA

Untuk melakukan simulasi kredit BCA, Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, yaitu:

1. Jenis dan Tujuan Kredit

Kamu harus menentukan jenis dan tujuan kredit yang Kamu inginkan, misalnya kredit konsumsi untuk membeli rumah, kredit investasi untuk membeli tanah, kredit modal kerja untuk mengembangkan usaha, dan lain-lain. Jenis dan tujuan kredit akan mempengaruhi syarat, ketentuan, dan bunga yang berlaku.

2. Jumlah Kredit

Kemudian, kamu harus menentukan jumlah kredit yang Kamu butuhkan, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Kamu. Jumlah kredit akan mempengaruhi besar angsuran dan total biaya yang harus Kamu bayar.

3. Tenor Kredit

Kamu harus menentukan tenor atau jangka waktu kredit yang Kamu inginkan, misalnya 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, dan lain-lain. Tenor kredit akan mempengaruhi besar angsuran dan total biaya yang harus Kamu bayar.

4. Bunga kredit

Terakhir, kamu harus mengetahui bunga kredit yang berlaku untuk jenis dan tujuan kredit yang Kamu pilih, misalnya 10% per tahun, 12% per tahun, 15% per tahun, dan lain-lain. Bunga kredit akan mempengaruhi besar angsuran dan total biaya yang harus Kamu bayar.

Contoh Simulasi Kredit BCA

Setelah Kamu mempersiapkan hal-hal di atas, Kamu dapat melakukan simulasi kredit BCA dengan menggunakan rumus berikut:

Angsuran per bulan = (Jumlah kredit x Bunga kredit per bulan x Faktor anuitas) / 100

Faktor anuitas = (1 + Bunga kredit per bulan)^Tenor kredit / [(1 + Bunga kredit per bulan)^Tenor kredit – 1]

Total biaya kredit = Angsuran per bulan x Tenor kredit

Contoh:

Kamu ingin mengambil kredit konsumsi untuk membeli rumah seharga Rp 500 juta dengan tenor 10 tahun dan bunga 12% per tahun. Berapa angsuran per bulan dan total biaya kredit yang harus Kamu bayar?

Angsuran per bulan = (Rp 500.000.000 x 1% x 12,682) / 100

Angsuran per bulan = Rp 6.341.000

Total biaya kredit = Rp 6.341.000 x 120

Total biaya kredit = Rp 760.920.000

Dari contoh di atas, Kamu dapat melihat bahwa jika Kamu mengambil kredit konsumsi untuk membeli rumah seharga Rp 500 juta dengan tenor 10 tahun dan bunga 12% per tahun, Kamu harus membayar angsuran per bulan sebesar Rp 6.341.000 dan total biaya kredit sebesar Rp 760.920.000.

Kamu dapat mengubah nilai-nilai di atas sesuai dengan pilihan Kamu dan melakukan simulasi kredit BCA dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa simulasi kredit BCA ini hanya bersifat estimasi dan tidak mengikat. Kamu tetap harus mengikuti proses dan persyaratan yang ditetapkan oleh BCA jika Kamu ingin mengajukan kredit BCA secara resmi. 

Cara Mengajukan Kredit BCA yang Baik dan Benar

Ada beberapa cara untuk mengajukan kredit BCA, baik secara online maupun offline. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Secara Online

Secara online, Kamu dapat mengunjungi laman pengajuan kredit BCA dan mengisi formulir aplikasi online. Kamu harus memilih jenis dan tujuan kredit yang Kamu inginkan, memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS jika Kamu sudah memiliki rekening BCA, mengisi data diri dan data lainnya yang diperlukan, menyetujui syarat dan ketentuan, dan mengunggah dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan lain-lain. 

Setelah itu, Kamu harus mencetak surat konfirmasi yang dikirimkan melalui email, menkamutanganinya, dan mengirimkannya melalui pos atau ke cabang BCA terdekat.

2. Secara Offline

Secara offline, Kamu dapat datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat dan mengisi formulir pengajuan kredit BCA. Kamu juga harus memilih jenis dan tujuan kredit yang Kamu inginkan, serta melengkapi dokumen persyaratan yang sama seperti di atas.

Setelah Kamu mengajukan kredit BCA, Kamu harus menunggu proses verifikasi dan persetujuan dari pihak bank. Jika pengajuan Kamu diterima, Kamu akan menerima surat pemberitahuan dan kredit BCA yang Kamu ajukan. Jika pengajuan Kamu ditolak, Kamu akan menerima surat penolakan dan alasan penolakan.

Dan bagi Kamu yang ingin mengajukan kredit, Kamu dapat menghubungi customer service BCA atau mengunjungi cabang BCA terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kredit BCA. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan