BeritaFinance

Sebelum Beli Motor Bekas, Konsumen Sebaiknya Perhatikan Ini

612
×

Sebelum Beli Motor Bekas, Konsumen Sebaiknya Perhatikan Ini

Sebarkan artikel ini

Kredit motor bekas adalah salah satu jenis pembiayaan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan seperti bank atau leasing untuk membeli sepeda motor dalam kondisi bekas. Kredit motor bekas biasanya memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda dengan kredit motor baru, terutama dalam hal bunga, uang muka, dan jangka waktu cicilan. Dan di artikel kali ini, kita akan membocorkan simulasi kredit motor bekas di seluruh Indonesia.

Kredit motor bekas menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin memiliki sepeda motor dengan dana yang terbatas atau ingin menghemat biaya. Namun, kredit motor bekas juga memiliki risiko, terutama jika Kamu tidak cermat dalam mengecek kondisi keseluruhan motor yang akan Kamu beli. Kamu harus memastikan bahwa motor bekas yang Kamu pilih masih layak pakai, tidak bermasalah secara hukum, dan tidak memiliki utang atau sisa cicilan kepada pihak lain.

Bagaimana Cara Menghitung Simulasi Kredit Motor Bekas?

Sebelum Kamu mengajukan kredit motor bekas, ada baiknya Kamu melakukan simulasi kredit terlebih dahulu untuk mengetahui perkiraan biaya yang harus Kamu bayar setiap bulannya. Simulasi kredit motor bekas dapat Kamu lakukan dengan menggunakan kalkulator kredit yang tersedia di internet atau di situs resmi lembaga keuangan yang Kamu pilih.

Untuk melakukan simulasi kredit motor bekas, Kamu perlu mengetahui beberapa data sebagai berikut:

  • Harga motor bekas yang Kamu inginkan
  • Persentase uang muka yang harus Kamu bayar
  • Suku bunga kredit per bulan yang dikenakan oleh lembaga keuangan
  • Jangka waktu cicilan yang Kamu inginkan

Setelah Kamu memiliki data tersebut, Kamu dapat memasukkannya ke dalam rumus berikut untuk menghitung cicilan per bulan yang harus Kamu bayar:

{Cicilan per bulan} = {Pokok hutang} + {Total bunga}}{{Jangka waktu cicilan}}

Di mana:

  • Pokok hutang adalah harga motor bekas dikurangi uang muka yang Kamu bayar
  • Total bunga adalah pokok hutang dikali persentase bunga per bulan dikali jangka waktu cicilan
  • Jangka waktu cicilan adalah lama waktu yang Kamu butuhkan untuk melunasi kredit motor bekas Kamu

Contoh:

Kamu ingin membeli sebuah motor bekas dengan harga Rp 15 juta. Kamu membayar uang muka sebesar 20% dari harga motor, yaitu Rp 3 juta. Kamu memilih jangka waktu cicilan selama 24 bulan dengan suku bunga kredit sebesar 1,5% per bulan. Berapa cicilan per bulan yang harus Kamu bayar?

  • Pokok hutang = Rp 15 juta – Rp 3 juta = Rp 12 juta
  • Total bunga = Rp 12 juta x 1,5% x 24 = Rp 4,32 juta
  • Cicilan per bulan = (Rp 12 juta + Rp 4,32 juta) / 24 = Rp 682.500

Jadi, Kamu harus membayar cicilan per bulan sebesar Rp 682.500 selama 24 bulan untuk membeli motor bekas dengan harga Rp 15 juta.

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Kredit Motor Bekas?

Kredit motor bekas memiliki beberapa keuntungan dan kerugian yang harus Kamu pertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Keuntungan

  • Kamu dapat memiliki sepeda motor dengan harga yang lebih murah daripada motor baru
  • Kamu dapat memilih berbagai jenis dan merek motor bekas sesuai dengan selera dan kebutuhan Kamu
  • Dan kamu dapat menghemat biaya perawatan dan pajak motor, karena motor bekas biasanya sudah dilengkapi dengan surat-surat dan perlengkapan yang lengkap
  • Lalu, kamu dapat menikmati fasilitas dan layanan yang sama dengan kredit motor baru, seperti asuransi, garansi, dan servis

2. Kerugian

  • Kamu harus menanggung risiko kerusakan atau masalah pada motor bekas yang Kamu beli, karena Kamu tidak dapat mengetahui kondisi sebenarnya dari motor tersebut
  • Lalu, Kamu harus membayar bunga kredit yang lebih tinggi daripada kredit motor baru, karena lembaga keuangan menganggap kredit motor bekas lebih berisiko
  • Kamu harus membayar uang muka yang lebih besar daripada kredit motor baru, karena lembaga keuangan biasanya membatasi plafon kredit untuk motor bekas
  • Dan Kamu harus memilih jangka waktu cicilan yang lebih pendek daripada kredit motor baru, karena lembaga keuangan biasanya tidak memberikan jangka waktu cicilan yang lama untuk motor bekas

Kesimpulan

Kredit motor bekas adalah salah satu alternatif bagi Kamu yang ingin memiliki sepeda motor dengan dana yang terbatas atau ingin menghemat biaya. Namun, Kamu harus berhati-hati dalam memilih motor bekas yang akan Kamu beli, karena ada banyak risiko yang dapat Kamu hadapi. 

Kamu juga harus melakukan simulasi kredit terlebih dahulu untuk mengetahui perkiraan biaya yang harus Kamu bayar setiap bulannya. Kamu dapat menggunakan kalkulator kredit yang tersedia di internet atau di situs resmi lembaga keuangan yang Kamu pilih. 

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari kredit motor bekas sebelum mengambil keputusan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan