BeritaFinancePerbankan

Sebelum Nabung, Cek Kelebihan Kekurangan TabunganKu Bank Jatim

219
×

Sebelum Nabung, Cek Kelebihan Kekurangan TabunganKu Bank Jatim

Sebarkan artikel ini

TabunganKu adalah produk tabungan perorangan yang diterbitkan secara bersama oleh seluruh bank di Indonesia, termasuk Bank Jatim. Tujuan dari produk ini adalah untuk menumbuhkan budaya menabung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan artikel kali ini, kita akan memberikan kamu informasi tentang kelebihan dan kekurangan tabunganku Bank Jatim.

Perlu kamu ketahui, TabunganKu memiliki persyaratan yang mudah dan ringan, serta memberikan berbagai fasilitas dan keuntungan bagi nasabahnya. Namun, TabunganKu juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membuka rekening TabunganKu di Bank Jatim. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan TabunganKu Bank Jatim yang dapat menjadi pertimbangan Kamu.

Kelebihan TabunganKu Bank Jatim

Berikut ini adalah kelebihan dari TabunganKu Bank Jatim

1. Setoran awal dan Minimal Saldo Yang Rendah

Kamu hanya perlu menyetor Rp 20.000 untuk membuka rekening TabunganKu di Bank Jatim, dan saldo minimal yang harus Kamu pertahankan juga hanya Rp 20.000. Ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin menabung dengan jumlah yang tidak terlalu besar, atau yang baru mulai belajar menabung.

2. Bebas biaya administrasi bulanan

TabunganKu tidak membebani Kamu dengan biaya administrasi bulanan yang biasanya dikenakan oleh produk tabungan lainnya. Ini berarti Kamu dapat menikmati bunga tabungan Kamu secara penuh, tanpa ada potongan biaya apapun.

3. Bunga tabungan yang kompetitif

Lalu, TabunganKu memberikan bunga tabungan yang mengikuti ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yang saat ini sebesar 3% per tahun. Bunga tabungan ini dihitung berdasarkan saldo harian Kamu, dan dibayarkan setiap bulan. Bunga tabungan ini cukup menarik, mengingat produk tabungan lainnya biasanya memberikan bunga yang lebih rendah atau variatif.

4. Fasilitas online dan real time

Dan TabunganKu memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi, karena Kamu dapat melakukan transaksi secara online dan real time di seluruh jaringan Bank Jatim, baik Kantor Cabang Syariah maupun Kantor Layanan Syariah. Kamu juga dapat mengakses rekening TabunganKu Kamu melalui e-channel Bank Jatim, seperti Jconnect Mobile, Jconnect Internet Banking, ATM, dan EDC.

5. Gratis biaya ganti buku tabungan

TabunganKu juga memberikan fasilitas buku tabungan dan kartu TabunganKu secara gratis kepada nasabahnya. Jika buku tabungan Kamu hilang atau rusak, Kamu dapat menggantinya tanpa dikenakan biaya apapun. Ini berbeda dengan produk tabungan lainnya yang biasanya membebankan biaya ganti buku tabungan kepada nasabahnya.

Kekurangan TabunganKu Bank Jatim

Untuk mengetahui kekurangan dari TabunganKu Bank Jatim, perhatikan penjelasannya di bawah ini:

1. Hanya bisa dibuka di satu bank

TabunganKu memiliki ketentuan bahwa Kamu hanya bisa membuka rekening TabunganKu di satu bank saja. Jika Kamu sudah memiliki rekening TabunganKu di bank lain, Kamu tidak bisa membuka rekening TabunganKu lagi di Bank Jatim, atau sebaliknya. Ini berarti Kamu tidak bisa memanfaatkan fasilitas atau promo yang ditawarkan oleh bank lain yang juga menyediakan produk TabunganKu.

2. Tidak ada fasilitas pinjaman

TabunganKu tidak memberikan fasilitas pinjaman kepada nasabahnya, seperti kredit tanpa agunan, kredit multiguna, atau kredit pemilikan rumah. Jika Kamu ingin mendapatkan pinjaman, Kamu harus membuka produk tabungan lainnya yang menyediakan fasilitas pinjaman, atau mengajukan pinjaman secara terpisah dari lembaga keuangan yang Kamu pilih.

3. Tidak ada fasilitas investasi

Lalu, TabunganKu tidak memberikan fasilitas investasi kepada nasabahnya, seperti deposito, reksa dana, saham, atau obligasi. Jika Kamu ingin berinvestasi, Kamu harus membuka produk tabungan lainnya yang menyediakan fasilitas investasi, atau berinvestasi secara terpisah dari lembaga investasi yang Kamu pilih.

4. Tidak ada fasilitas reward atau cashback

Kemudian, TabunganKu tidak memberikan fasilitas reward atau cashback kepada nasabahnya, seperti poin, voucher, atau diskon. Jika Kamu ingin mendapatkan reward atau cashback, Kamu harus membuka produk tabungan lainnya yang menyediakan fasilitas reward atau cashback, atau menggunakan kartu kredit atau debit yang memberikan fasilitas reward atau cashback.

5. Tidak ada fasilitas khusus untuk nasabah prioritas.

Dan TabunganKu tidak memberikan fasilitas khusus untuk nasabah prioritas, seperti lounge, priority pass, atau relationship manager. Jika Kamu ingin mendapatkan fasilitas khusus untuk nasabah prioritas, Kamu harus membuka produk tabungan lainnya yang menyediakan fasilitas khusus untuk nasabah prioritas, atau menjadi nasabah prioritas di bank lain yang memberikan fasilitas khusus untuk nasabah prioritas.

Kesimpulan

TabunganKu Bank Jatim adalah produk tabungan yang cocok bagi Kamu yang ingin menabung dengan mudah, ringan, dan menguntungkan. TabunganKu Bank Jatim memberikan berbagai kelebihan, seperti setoran awal dan minimal saldo yang rendah, bebas biaya administrasi bulanan, bunga tabungan yang kompetitif, fasilitas online dan real time, gratis biaya ganti buku tabungan, mendukung program pemerintah, dan mudah dibuka oleh siapa saja. 

Namun, TabunganKu Bank Jatim juga memiliki beberapa kekurangan, seperti hanya bisa dibuka di satu bank, tidak bisa dibuka untuk rekening bersama, tidak ada fasilitas asuransi, pinjaman, investasi, reward, cashback, atau khusus untuk nasabah prioritas.

Jadi, sebelum mendaftar Kamu harus mempertimbangkan kelebihan dan dan kekurangannya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan